Selasa, 11 Mei 2010

RESENSI NOVEL BAHASA INDONESIA 2

RESENSI NOVEL



1. JUDUL RESENSI : Kisah seorang Gadis



2. DATA BUKU :

a. Judul Novel : Girl Makes Trouble

b. Pengarang : Restu R.A

c. Penerbit : Matapena

d. Tebal : 182 halaman

e. Ukuran Kertas : 11 x 17 cm

f. Tahun Terbit : 2008


3. PENDAHULUAN :

a. Tentang Pengarang : Restu R.A. lahir di Sumenep, 2 Juni 1982. Pernah mendapatkan undangan kehormatan untuk mengikuti pelatihan APRESDA (Apresiasi Sastra Daerah) oleh Dirjen Pengembangan Bahasa dan Sastra Indonesia Tingkat SD dan SLTP pusat di Bogor pada 23 Oktober 2005. Saat ini selain menjadi staf BANANSA (Bimbingan dan Pembinaan Bahasa) di kepengurusan organisasi ISMI TMI AL-AMIEN; staf redaktur majalah berbahasa Inggris ZEAL dan buletin QIAZ, juga sedang menyelesaikan studi S1 di IDIA (Institut Dirasat Islamiyah Al-Amien) Prenduan Sumenep MAdura. NAmun kesibukannya tak menyulutkan semangatnya untuk terus menulis. Setelah Diary Hitam Putih (Matapena, 2007), ini adalah novel keduanya.


4. TUBUH RESENSI

a. Sinopsis : Di mata teman-teman, para guru, juga Ibu Nyai, Fina adalah GMT, alias Girl MAkes Trouble. gara-gara kebiasaannya nongkrong di kantin saat jam pelajaran berlangsung. Suka ribut sendiri dengan Ucha saat Bu Nyai tengah mengajar kitab. Kabur tanpa ketahuan sudah bukan hal baru lagi buatnya. Terakhir dia ketahuan membawa HP yang biasa ia pakai untuk curhat dengan Noval. Tapi, tetap saja Fina tak pernah bisa terima dengan label GMT itu. "NO, I'M NOT THE GIRL WHO ALWAYS MAKES TROUBLE", sanggahnya. Dan, dia mencoba membuktikanya dengan sebuah kerja keras demi mengharumkan nama besar pesantren dalam ajang lomba Mading di Surabaya. Meskipun palu "dikeluarkan" sudah siap diketok untuknya, So, apakah Fina berhasil menghapus label GMT itu?.

b. Kelebihan : couver novel ini bagus, full-colour, dengan tulisan dan gambar yang timbul membuat kesan yang baik terhadap novel ini. Isi dari novel pun menarik untuk dibaca.

c. Kekurangan : kertas berwarna buram sehingga tidak terlihat mewah dan jenis fontnya tidak bagus.

d. Perwatakan :
- Fina > seorang gadis yang kurang kasih sayang dan selalu membuat masalah terutama di pesantren dan sekolahnya.
- Ibu Nyai > seorang guru sekaligus ustadzah di pesantren yang sangat berwibawa.
- Ucha > baik, sopan, dan teman Fina yang sangat setia.
- Noval > seorang laki-laki (pacarnya Fina) yang selalu mendengarkan isi hati Fina.


5. PENUTUP

a. Pesan Moral : Tawakal dan doa adalah pekerjaan semua insan beriman, lebih baik bercucuran keringat di medan latihan daripada bercucuran keringat di medan juang. Lupakanlah masa lalu, tataplah masa depan. Tidak ada seorang pun yang dapat menyakiti hidup mu kecuali diri mu sendiri. Kamu tidak akan merasakan manisnya hidup jika telah merasakan bagaimana pahitnya hidup.

TRESNANINGTYAS PUTRI UTAMI
10609933
1SA01

Tidak ada komentar:

Posting Komentar